Mengenal Aturan Offside 「Sports platform betting」dalam Sepak Bola

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bet365

DSports platform bettiSports platform bettingngapatSports platform bettingkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Istilah offside paling sering tersematkan kepada pemain penyerang yang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan daripada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh rekan satu tim-nya.

Konsepnya sama, melarang seorang pemain hanya diam menunggu umpan di depan gawang musuh.

Dalam sejarahnya tercatat offside sempat mengalami beberapa perubahan dikarenakan kurang jelasnya aturan itu sendiri.

Baca juga: Asal-usul Aturan Penalti dalam Sepak Bola

Dikutip dari situs resmi FIFA, pada awalnya, offside dalam sepak bola mengacu pada olahraga rugby.



KOMPAS.com - Offside acapkali menjadi dua mata sisi. Satu sisi menolong tim A, sisi lainnya menggagalkan kesempatan tim B untuk mendapatkan gol.

Terlepas dari hal tersebut, istilah offside memiliki sejarah cukup panjang dan mengalami beberapa perubahan.

Hukuman yang diberikan pemain bola yang berdiri offside yaitu tendangan bebas atau free kick. Meski demikian, offside tidak termasuk teknik dengan bola pola penyerangan dalam sepak bola.

Asal-usul offside awalnya merupakan istilah dalam militer, yaitu "off the strength of your side" yang berarti pemain dibebastugaskan alias terlepas dari permainan.

Baca juga: Apa Itu Corner Kick dalam Sepak Bola?

Biasanya, offside merupakan suatu keadaan di mana posisi pemain sepak bola berada di area lawan ketika bola sedang dioperkan menuju dirinya, sedangkan tidak ada pemain lawan setelahnya selain penjaga gawang.

Suatu keadaan dimana posisi pemain sepak bola berada di area lawan ketika bola sedang menuju dirinya, sedangkan tidak ada pemain lawan setelahnya selain kiper dinamakan offside.