Efika「Indonesian Football」si Vaksin Pfizer Efektif 100 Persen, Apakah Vaksin Ini Kebal Covid

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bet365

BIndonesian Footballindonesian Footballahkan, data efikasi vaksin PfizeIndonesian FootballIndonesian Footballr menunjukkan 100 persen efektif pada remaja usia 12 tahun ke atas, yang artinya vaksin virus corona ini memberikan perlindungan yang tinggi terhadap Covid-19.

Baca juga: 6 Fakta Vaksin Pfizer, dari Efikasi 100 Persen hingga Efek Samping

Baca juga: Vaksin Pfizer Kantongi Izin BPOM, Efikasi Vaksin pada Remaja Capai 100 Persen

Efikasi vaksin tersebut dari kelompok orang berusia 65 tahun dan dengan kondisi medis tertentu atau dengan penyakit penyerta (komorbid).

"Dalam uji klinis, kan, jumlah peserta, meskipun banyak, tentu tidak akan pernah melebihi populasi dunia nyata," kata Ahmad saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Pemberian emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin Pfizer ini resmi diberikan pada Rabu (14/5/2021).

KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin Pfizer, yang dinilai efikasi vaksin mRNA ini efektif 100 persen melindungi dari Covid-19 pada kelompok remaja.

Terkait efikasi vaksin Pfizer yang efektif 100 persen melindungi dari Covid-19 pada remaja 12 tahun, Ahmad mengatakan bahwa kita berharap efektivitas vaksin Covid-19 akan bagus di dunia.

Lantas, dengan efikasi vaksin Pfizer mencapai 100 persen ini, apakah vaksin COvid-19 tersebut dapat membuat orang kebal Covid-19?

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech dengan nama Comirnaty tersebut menggunakan platform messenger RNA (mRNA), dalam konferensi Penerbitan EUA Vaksin Comirnaty, sepertu diberitakan Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Ahli Biologi Molekuler Indonesia, Ahmad Utomo mengatakan bahwa efikasi vaksin Pfizer hingga 100 persen, menunjukkan bahwa ada rentang yang artinya tidak semua orang yang divaksinasi kebal dari infeksi Covid-19.

Izin penggunaan darurat vaksin Comirnaty ini diberikan BPOM, setelah meninjau data hasil uji klinis yang menunjukkan vaksin Covid-19 tersebut secara efektif mencegah Covid-19.

Orang yang mendapatkan dua dosis vaksin Pfizer, sekitar 95 persen, kecil kemungkinan terkena Covid-19 dibandingkan orang yang tidak mendapat vaksin Covid-19.

"Efikasi (vaksin Pfizer) Comirnaty untuk orang usia 19 tahun ke atas mencapai 95 persen. Pada usia 12 sampai 15 tahun adalah 100 persen," jelas Penny.