Fenomena Tanah Berger「Indonesian odds」ak di Ciamis, Apa Sebabnya?

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bet365

Lantas, apa yang menjadi penyebab tanah bergerak?

MamaIndonesian oddsn menambaIndonesian oddshkan, akibat peristiIndonesian oddswa tersebut permukaan tanah di lokasi tersebut kini amblas hingga sedalam 30 sentimeter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Peneliti Ahli Madya Bidang Geoteknik dari LIPI, Dr Adrin Tohari mengatakan, tanah bergerak merupakan salah satu jenis pergerakan tanah atau longsor yang bertipe slump.

Baca juga: Mengapa Bandung Kerap Diterjang Banjir?

Khawatir akan akan adanya potensi rumah yang mereka tinggali roboh, warga pun mengosongkan rumah, dan mengungsi ke tempat lain.

Maman, salah satu warga yang tinggal di daerah tersebut mengatakan, bahwa retakan semakin membesar pada Sabtu (2/1/2021) dini hari, diiringi dengan suara keramik pecah yang terdengar jelas.

"Diindikasikan dengan retakan di permukaan tanah atau permukaan tanah yang amblas. Penyebabnya biasanya curah hujan yang cukup lama, durasinya lama, intensitasnya bisa tinggi maupun sedang," kata Adrin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Saat itu, dinding dan lantai rumah warga yang tinggal di RT 012 RW 010, Dusun Cilimus mengalami retakan kecil.

Baca juga: Kapan Musim Kemarau 2020 Berakhir dan Musim Penghujan di Indonesia Dimulai?

"Ada 22 kepala keluarga di RT 012 yang mengungsi," kata dia.

Mengutip Kompas.com, Selasa (5/1/2021) peristiwa tanah bergerak mulai terjadi pada Jumat (1/1/2021) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

KOMPAS.com - Fenomena tanah bergerak baru-baru ini mengakibatkan kepanikan bagi warga Dusun Cilimus, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.